EDENSOR

Juni 16, 2009 at 1:28 pm Tinggalkan komentar

Bogor,15/06/2009

pic210Edensor,…sudah lama saya baca novel ketiga dari tetralogi Laskar Pelangi karya Mas Andrea Hirata ini.

Seperti kita tahu, di novel ini kita “diajak” Mas Andrea merasakan dunia kuliah di Sorbonne University yang dijalaninya bersama Arai “sang pemimpi”. Suka duka, romantika, dan atmosfir akademik di sana. Bahkan kita diajak backpacking keliling Eropa, sampai Afrika. Sebuah kisah yang pasti membuat kita gregetan pengen kesana, kuliah di sana seperti Ikal dan Arai.

Tetapi saya lebih tertarik dengan pengamatan Mas Andrea Hirata tentang “paradoks” yang terjadi di dunia Barat sana. Tentang orang-orang cerdas, berbudaya akademis tinggi, berperadaban lebih maju, namun juga berbudaya dugem, clubbing, miras, bahkan free sex. Na’udzubillah bin dzalik.

Sudah banyak tulisan yang membahas, menganalisis tentang tragedi modernitas dunia Barat ini. Sebuah tragedi yang mengingatkan pada era kejayaan Namrud, Rumawi kuno, Babylonia, kaum Ad, kaum Tsamud, kaum Soddom, dll pada zaman dahulu. Mereka mengalami kejayaan peradaban, tapi tersungkur dalam tragedi kemanusiaan karena tidak mau tunduk pada ajaran Allah SWT. Bagaimana di negeri kita yang mengklaim sebagai bangsa Timur?

Tapi saya percaya suatu saat…Eropa atau dunia Barat akan kembali kepada fitrah kemanusiaannya.

Prof.Dr. Yusuf Al Qaradhawy, seorang ulama kontemporer dari Jama’ah Al Ikhwan Al Muslimun pernah menyampaikan sebuah pendapat, sesuai dengan nubuwat yang pernah disabdakan Rasulullah SAW, bahwa Konstantinopel yang merupakan pusat kekuasaan Rumawi, akan dibebaskan oleh umat Islam.

Pertama kali adalah Konstantinopel Timur [sekarang Turki], kemudian Konstantinopel Barat [Roma, Italia, Vatikan].Kontantinopel Timur telah dibebaskan oleh pasukan Islam di bawah pimpinan Muhammad Al Fatih, sedangkan Kontantinopel Barat sampai hari ini belum berhasil dibebaskan. Menurut beliau, Kontantinopel Barat nanti akan ditaklukkan tidak dengan pedang, tapi dengan pena.

Semoga, semakin dalam dunia barat mempelajari ilmu pengetahuan akan membawa kepada kebenaran hakiki, akan mengenalkan mereka kepada Sang Pencipta. Ditambah krisis spiritual yang terjadi, pasti akan mendorong mereka berbondong-bondong kembali pada fitrahnya sebagai manusia, sebagai makhluk dan hamba Allah SWT yang membutuhkan Nya.

Bukankah kita hari ini membaca betapa banyak orang Barat yang akhirnya [kembali] masuk Islam? Dan mereka orang-orang pintar. Mereka masuk Islam dengan kesadaran, bukan karena dihipnotis, disantuni, diberi supermi, atau karena kebodohan.

Iklan

Entry filed under: buku & sastra. Tags: , , , , .

Menulis = Mendengarkan Memori Emas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Juni 2009
S S R K J S M
« Mei   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Blog Stats

  • 34.795 hits

%d blogger menyukai ini: