Ketika Cinta Bertasbih

Juni 8, 2009 at 4:10 am Tinggalkan komentar

FA_KCB_promo nasional-ver_finalTadi sore ba’da Sholat Ashar, tak sengaja lihat tayangan behind the scene film “Ketika Cinta Bertasbih” di RCTI. Spontan muncul perasaan bangga, bahwa akhirnya film ini dibuat sesuai dengan versi novelnya. Bagaimana eksotisnya Mesir, suasana kampus di Al Azhar, dan tentunya nuansa da’wah yang lebih terasa dibandingkan ketika novel Ayat-Ayat Cinta difilmkan.

Sekilas melihat cuplikannya, kayaknya scene yang paling akan saya sukai adalah ketika Husna dan Anna menyampaikan definisi Cinta.

Definisi cinta dari Husna:

Menurutku, cinta adalah kekuatan yang mampu mengubah duri jadi mawar, mengubah cuka jadi anggur, mengubah malang jadi untung, mengubah sedih jadi riang, mengubah setan jadi nabi, mengubah iblis jadi malaikat, mengubah sakit jadi sehat, mengubah kikir jadi dermawan, mengubah kandang jadi taman, mengubah penjara jadi istana, mengubah amarah jadi ramah, mengubah musibah jadi muhibah, itulah cinta

Definisi cinta dari Anna:

Mmm… cinta! Menurutku, Sekalipun cinta telah kuuraikan dan kujelaskan panjang lebar.Namun jika cinta kudatangi aku jadi malu pada keteranganku sendiri. Meskipun lidahku telah mampu menguraikan dengan terang. Namun tanpa lidah, cinta ternyata lebih terang. Sementara pena begitu tergesa-gesa menuliskannya Kata-kata pecah berkeping-keping begitu sampai kepada cinta. Dalam menguraikan cinta, akal terbaring tak berdaya, Bagaikan keledai terbaring dalam lumpur, Cinta sendirilah yang menerangkan cinta, Dan percintaan!”

[Kalo boleh komentar cinta yang disampaikan Husna sangat Kimia banget, karena ternyata efek dari cinta adalah perubahan. Sedangkan cinta yang disampaikan Anna adalah cintanya para seniman]

Kedua puisi dikutip Kang Abik dari puisi Rumi dalam Masnawinya. Indah bukan? Begitulah seharusnya cinta. Romantis tapi bukan basa-basi, tulus.

Selamat menonton filmnya. Jangan lupa ambil api dari film ini, jangan cuma romantikanya aja.

Iklan

Entry filed under: buku & sastra.

Ilmuwan vs Ilmuwan Walimahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Juni 2009
S S R K J S M
« Mei   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Blog Stats

  • 34.623 hits

%d blogger menyukai ini: