Hasil Pemilu…wajah Indonesia

April 14, 2009 at 3:43 pm 4 komentar

Inilah kimia jiwa rakyat Indonesia…

Konfigurasi inti hati terlihat pada fenomena

Mengikuti penghitungan suara di kecamatan…menjadi sebuah pelajaran tersendiri. Demokrasi langsung yang telah disepakati bangsa ini ternyata telah menjadi suatu demokrasi prosedural yang melelahkan dan mahal.

Akankah ada perubahan positif di negeri ini?

Saya ingin berbagi pandangan tentang pemilu 2009 ini, yaitu tentang tipe parpol dan pemilihnya berdasarkan pengalaman saya menyaksikan[suara-suara saksi] penghitungan suara di kecamatan.

Secara kasat mata [saya], parpol kontestan pemilu sekarang dikategorikan sbb:

Pertama tipe Parpol Nihil, yaitu kelompok parpol yang di sebagian besar tps tidak mendapatkan suara sama sekali. Kelompok partai ini didominasi oleh partai-partai baru, jaringannya lemah, kadang tak jelas identitasnya, seringkali pecahan partai besar yang dibentuk oleh para tokoh yang tersingkir, kalah atau kecewa.

Kedua tipe Parpol Pribadi,yaitu parpol yang perolehan suaranya didominasi nama caleg pribadi. Nama ini biasanya adalah penyumbang dana terbesar parpol di dapilnya, mulai dari dana kegiatan, dana kampanye, sampai dana sawer. Umumnya berada di no urut 1, kadang-kadang ia harus memberi “kompensasi” pada caleg yang lainnya.

Ketiga tipe Parpol Aliran, yaitu parpol yang dicitrakan kuat memiliki suatu komunitas dengan karakter tertentu yang loyalitasnya tinggi, susah diajak pindah ke partai lain, apalagi hanya dengan suatu iklan bagaimanapun menariknya

Keempat tipe Parpol BLT, yaitu parpol yang identik dengan parpol pemerintah saat ini, Partai Demokrat. Ini bukan cuma pandangan saya lho…tapi ini adalah teriakan para saksi. Harap maklum, karena pemilu 2009 ini PD menang (dari 7-an% ke 20-an%) dengan “aneh”, yang dipilih caleg tapi seolah-olah masyarakat memilih SBY. Tapi inilah suara rakyat, suka ataupun tidak.

Selain parpol, mengamati pemilih juga sebuah hal menarik. Menurut pendapat subyektif saya menyaksikan pemilu 2009 ini, ada beberapa tipe pemilih…

Pertama tipe Pemilih Ideologis, yaitu tipe pemilih yang loyalitas terhadap partai pilihannya tinggi. Pemilih tipe ini didominasi para pengurus partai yang idealis, dan kader partai beserta keluarganya. Sehingga seringkali suatu wilayah dicitrakan sebagai daerah hijau, kuning, merah, biru, putih (sampai PKS harus membuat iklan : Merah, Kuning, Biru…emang bisa PKS…) untuk mematahkan mitos ini, dan tampaknya Pemilu 2009 berhasil…Jawa Timur dan Jawa Tengah yang seringkali disebut sebagai basis daerah merah dan hijau ternyata PDIP dan PKB juga kalah

Kedua tipe Pemilih Matre, yaitu tipe pemilih yang bisa dibeli dengan money politic, kalo kata orang arab di empang Bogor yang pernah saya temui “al fulus taghyiru nufus” bahwa fulus bisa merubah jiwa/hati seseorang, dari benci menjadi suka. Pemilih tipe ini umumnya mereka yang berada dalam kategori miskin dan berjiwa miskin.Di masyarakat akan mudah kita temui tipe pemilih seperti ini

Ketiga tipe Pemilih Rasional, yaitu tipe pemilih yang memiliki alasan tersendiri terhadap pilihannya. Umumnya belum memiliki keterikatan dengan parpol tertentu, sehingga bisa jadi di tingkat DPR akan memilih partai A, dan memilih partai B atau C di tingkat provinsi/kota.

Keempat tipe Pemilih Solidaritas, yaitu tipe pemilih yang menjadikan hubungan pribadinya dengan caleg tertentu menjadi pertimbangan utama tanpa melihat parpolnya, yang penting ia saudara atau kawan saya(pemilih).

Kelima Pemilih Iseng, yaitu tipe pemilih yang tidak bertanggung jawab, yang penting asal dia telah memilih. Kadang mereka akan memilih partai yang “aneh” atau caleg no urut terakhir, dan jangan heran kalo banyak kertas suara menjadi tidak sah dengan sengaja…karena ulah mereka.

Keenam Pemilih Bingung, yaitu tipe pemilih yang bingung mau milih apa, walaupun udah di bilik suara. Siapa yang tidak bingung dengan banyaknya partai dan caleg yang mayoritas tidak dikenal? Umumnya pemilih ini didominasi Ibu-Ibu dan mereka yang tidak mengikuti informasi dengan baik, atau mereka yang tidak peduli ataupun tidak sempat untuk peduli dengan pemilu, bahwa pemilu itu sangat penting. Dan kayaknya untuk Pemilu 2009 ini banyak masyarakat yang menjadi pemilih tipe ini.

Inilah pengamatan saya berdasarkan pengalaman mengikuti proses pemilu 2009 dan penghitungan suara di tingkat kecamatan di Bogor Tengah…inilah wajah Indonesia berdasarkan pemilu 2009 menurut pendapat subyektif saya tentunya.

Inilah kimia jiwa rakyat Indonesia

Konfigurasi inti hati terlihat pada fenomena

Membentuk ikatan kimia…membentuk senyawa

Karakteristiknya dipengaruhi dan mempengaruhi

Perubahan lingkungan…dll pengaruh

Hukum rimba mengajari bahwa yang kuat akan menang

tapi… Kebenaran pasti akan menang atas kebatilan

jika tak sekarang…suatu hari nanti

Rabbi…

Jadikan aku hamba Mu yang benar

Dan bersama mereka yang menempuh jalan kebenaran

Amin.

Iklan

Entry filed under: politik. Tags: , .

Sms Tahajud NGERTI SAKDURUNGE WERUH…membaca masa depan

4 Komentar Add your own

  • 1. juwadi  |  April 14, 2009 pukul 4:41 pm

    permata….,tetap permata
    meskipun dimana saja engkau berada

    Balas
    • 2. wahyu2005  |  April 18, 2009 pukul 2:06 am

      apakah kita pernah kenal sebelumnya?

      salam

      Balas
  • 3. Gol-put  |  Mei 2, 2009 pukul 2:17 pm

    Poli-ti’pu-isi

    Digemakan kicauan indah Para penyair pe-milu .Tahukah kamu semua penyair yang berkicau ? Kebanyakan mereka suka BerMajas ria sampai menjadikan neraka sebagai surga! BerSama dengan kicauan burung yg terhempas angin lalu. Semoga hujan turun tuk redamkan cuaca yg terdampak ndobol warming saat pe-milu-an masal

    Balas
    • 4. wahyu2005  |  Mei 5, 2009 pukul 9:15 am

      daripada golput? Nggak taat ama MUI?
      Puisi itu indah bro…

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


April 2009
S S R K J S M
    Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Blog Stats

  • 34.623 hits

%d blogger menyukai ini: